kuliah umum kewirausahaan


kemaren ikutan kuliah umum kewirausahaan yang diadain UNANd, pembicaranya daku lupa (maklum aja ye…)

daku datang telat dengan tampang tak berdosa. presentasi dari pembicara dah selesai. waktu aku masuk sesi tanya jawab udah dimulai.

sebenarnya kagak ada yang spesial dari acara itu, standar abissss!

pertanyaan yang diajukan peserta kuliah itu pun bisa dikategorikan pertanyaan bego..

mis : saya ingin kaya seperti bapak, tapi saya ga tau harus mulai dari mana?, saya takut rugi pak….

dan ada juga yang sekalian promosi..(nah, klo ini baru namanya entrepeneur..) : saya jualan koran, ntar klo ada yang minat langganan ma saya, saya kasih diskon yang besar. kompas yang dijual dipasaran seharga 3500(harga baru), saya jual seharga 1500(wooooow…..), yang saya tanyakan begini pak..bla.bla..bla…

ada juga pertanyaan seperti ini :

saya punya kolam ikan pak, tapi saya tidak tau bagaimana cara memasarkannya.

saya butuh network pak, selain itu saya hanya pengusaha kecil dengan modal kecil,

sementara meminjam ke bank musti dengan prosedur yang berbelit-belit,tampang bapak kan emang ga jelek2 amat, bapak juga punya banyak kenalan, kenalin ke saya dong!

bah…

kontan aja pembicaranya jadi sumingrah, jadi malu (mo aja lo dirayu..!huehe)…

jawaban pembicara juga standar abiss, seperti pengusaha-pengusaha sukses lainnya, dapat ditebak klo jawaban mereka ga bakalan bagus, menipu semuaaaa

jawaban “kita musti punya keberanian, skill dan network yang bagus”

memang dengan mudah diucapkan, implementasinya?

trus dia bilang : “jangan takut jadi pengusaha, kembangkan diri anda dan gunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya.  ingat, ijazah tidak menjamin kesuksesan seseorang!”.

trus dia bercerita tentang seseorang yang menyobek ijasah demi menjadi pengusaha” (katanya sih biar lebih konsentrasi dan fokus , -kejadian dimane tuh…?-). dan seperti pengusaha lainnya dia cerita ‘susah’nya dulu sebelum jadi pengusaha (gile jaaaa, mane ada pengusaha sukses yang ga punya modal besar?)

daku jadi bertanya-tanya dalam ati..: berapa orang sih yang nyobek ijasahnya dan sukses? lagian, cerita kesuksesan muluu, sekali-sekali  kegagalan dong….!(susah banget nyari buku yang bercerita tentang kegagalan. buku tentang kesuksesan?bejibuuuun…dengan judul macem2 pula :-how to be a milyuner, be succes in a year, great way to succes-, semua penulisnya adalah pengusaha-huehe..so pasti., yang bukan pengusaha mana ada kesempatan nulis, bego…!, mendingan cari duiiit,hahaha-)

kategori kesuksesan itu pun  sebenarnya beragam..subjektif banget. tergantung kepada barometer masing-masing individu!

nah, pas acaranya hampir selesai, tuh pengusaha malah “ngongas”, buang muka.., nyombong…!

“yang tadi bertanya harap berdiri kedepan”

dan berbondong-bondong lah para bego itu kedepan…

“begini, saya kasih kalian modal masing-masing 1000.000 rupiah, tolong dimanfaatkan seefektif dan efisien mungkin.., ya..!”

daku yang lagi enak-enakan duduk di barisan pling belakang mpe kaget (untung daku ga punyat penyakit di jantung..),

batin daku teriaaak…:::”gileeeeee………………, orang bego dapet duuuiiiiiiiiit…!”(anjrit..klo tau dari tadi, daku ikutan nanya deh tuh.., sejuta cuma-cuma boooo…!) enaq banget tu mereka.., mereka (para bego..)semuanya sepuluh orang, jadi sepuluh juta..ck..ck..ck.. (bagi pengusaha sukses berapa sih duit sepuluh juta..?)

besok masih ada pertemuan kuliah umum lagi (semuanya 5 kali pertemuan dengan pembicara yang berbeda tiap pertemuan, ini yang ketiga, jadi masih sisa dua pertemuan lagi..). huehehehe-setan jingkrak2an nih dikepala daku-, petemuan berikutnya daku mo jadi ‘para-bego’. tanya asal-asalan ja, siapa tau masih ada jatah jutaan..huehe

About tayak

pecundang yang tidak ingin tenggelam dalam lumpur kebodohannya

Posted on Mei 16, 2008, in stay_BacaRuik. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. huahahaha….
    biarpun bego tapi punya duit. lumayan dek, bisa u makan2😀
    teruskan perjuanganmu!!!😛

Tinggalkan Balasan

