KEBAIKAN DAN KEBAJIKAN DALAM KESERUPAANKU DAN MU


Ada angin yang berhembus utara. Angin tidak tahu ada uap dirahimnya. Ia tak tahu uap adalah air. Aku menunggunya ditempat biasa kami main bola, bola yang bulat seperti uap, uap yang sedang kurindu. Aku bermain bareng tomat, tomat tak tahu ada air dikandungnya, ia tak tahu air adalah uap. Tapi aku tahu, sayangnya aku menunggu uap yang bukan air, “adakah uap yang bukan air?”. Aku menunggu berbulan-bulan sambil main hujan bersama air yang uap, aku tidak tahu aku adalah angin.

Angin berhembus kemana saja: kedalam tong sampah, mabuk bersama anggur, ke istana raja-raja yunani, ketimur dibawah pohon cemara.

Uhh, aku sadar aku bukanlah uap. Kupu-kupu kecil yang manis punya uap dikantongnya. Aku membuka kantongku:masih tersisa sedikit harga diri, aku mau beli keagungan. “Lihat deh, sekarang aku udah tinggi..!”

Aku tahu tinggi itu kabut. Kabut tidak tahu apa itu buta. Angina adalah kabut. Kabut ikut main bola bareng kami, tapi kabut bikin kami buta. “lihat deh, kabut gangguin kita lagi!”.

Aku berbicara dengan bahasa asing kepada kupu-kupu kecil. Karena aku yakin ia sangat mengerti, karena uap faham sekali bahasa-bahasa yang asing. Aku dikatakan lupa bahwa aku adalah angin. Bukan, hanya saja kupu-kupu kecil yang manis pikir aku adalah angin. Kupu-kupu kecil yang manis ingin main bola bareng kami, main bola, bola yang menyerupai uap. Kupu-kupu kecil tidak tahu ia telah uap, ia yang ingin main bola, ia yang juga merindukan uap yang bukan air.

Kupu-kupu kecil dan angin berhembus utara, bocah kecil yang nakal nyeletuk: “lihat deh, kupu-kupu jelek terbang sendiri.!”. dan bukankah manis jika kita cukupkan segitu saja saudariku?

About tayak

pecundang yang tidak ingin tenggelam dalam lumpur kebodohannya

Posted on Oktober 26, 2008, in sajak and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

